1. Class
Class merupakan suatu tipe data yang menggabungkan data dan fungsi untuk mengakses data. Sebagai contoh suatu kelas kalkulator yang megandung data bilangan1 dan bilangan2 dan memiliki fungsi untuk mengakses data tersebut, seperti : inisialisasi(), penjumlahan(), pengurangan(), perkalian() dan pembagian().
Data dan fungsi yang berada dalam sebuah class dinamakan anggota. Secara lebih khusus , data yang terletak dalam kelas dinamakan anggota data dan fungsi yang berada dalam kelas disebut anggota fungsi atau fungsi anggota atau terkadang disebut metode.
Contoh :
Class merupakan suatu tipe data yang menggabungkan data dan fungsi untuk mengakses data. Sebagai contoh suatu kelas kalkulator yang megandung data bilangan1 dan bilangan2 dan memiliki fungsi untuk mengakses data tersebut, seperti : inisialisasi(), penjumlahan(), pengurangan(), perkalian() dan pembagian().
Data dan fungsi yang berada dalam sebuah class dinamakan anggota. Secara lebih khusus , data yang terletak dalam kelas dinamakan anggota data dan fungsi yang berada dalam kelas disebut anggota fungsi atau fungsi anggota atau terkadang disebut metode.
Contoh :
|
classProgram
{
privatestaticvoidtulis()
{
Console.WriteLine("method
pertama");
}
}
|
Attribute
Adalah suatu pengenal yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai. Nilai dalam variabel dapat berubah2 selama proses pada program masih berlangsung. Sebelum variabel digunakan, harus dideklarasikan terlebih dahulu, dengan format penulisan :
Contoh :
string kata;
int angka;
Adalah suatu pengenal yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai. Nilai dalam variabel dapat berubah2 selama proses pada program masih berlangsung. Sebelum variabel digunakan, harus dideklarasikan terlebih dahulu, dengan format penulisan :
Contoh :
string kata;
int angka;
Method
Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehinggga class atau object dapat bekerja. Method diimplementasikan didalam class dan menyediakan informasi tambahan yang mana class tidak dapat menangani sendiri.
Penggunaan method mempunyai beberapa keuntungan diantaranya :
Ø Mempermudah perawatan dan manajemen kode.
Ø Method bisa di panggil dari program utama atau dari sub program yang lain.
Ø Method dipanggil berulang kali, sehingga tidak perlu menulis ulang kode yang sama ketika dibutuhkan.
Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehinggga class atau object dapat bekerja. Method diimplementasikan didalam class dan menyediakan informasi tambahan yang mana class tidak dapat menangani sendiri.
Penggunaan method mempunyai beberapa keuntungan diantaranya :
Ø Mempermudah perawatan dan manajemen kode.
Ø Method bisa di panggil dari program utama atau dari sub program yang lain.
Ø Method dipanggil berulang kali, sehingga tidak perlu menulis ulang kode yang sama ketika dibutuhkan.
Secara umum method dapat dibagi
menjadi dua, yaitu method static dan non static. method static hanya dapat di
akses dari class, sedangkan method non static dapat di akses dari instances.
Masing-masing method tersebut dapat mempunyai parameter atau tidak. Jika sebuah
method mempunyai parameter, maka method tersebut dapat menerima dan/atau
memberikan nilai kepada pemanggilnya.
Contoh :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
|
namespacemethod
{
classProgram
{
privatestaticvoidtulis()
{
Console.WriteLine("method
pertama");
}
privatestaticvoidgaris()
{
Console.WriteLine("--------------------------");
}
publicstaticvoidMain(string[]
args)
{
garis();
tulis();
garis();
garis();
Console.Write("Press
any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}
}
|
wapik wes
BalasHapus